IKLAN PEKAN INI

kumpulan media pembelajaran bahasa arab kunjungi https://www.abdulyassa.my.id/
X

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Pengembangan Sumber Daya Manusia



KHUTBAH JUM'AT
"Pengembangan Sumber Daya Manusia"


الحمد لله لا إله هو عـالم الغيب والشهادة هو الرّحمـن الرّحيم هو الله الذى لا إله إلا هو الملك القـوس السـلام المؤمن المهيمن العـزيز الجـبار المتكبر سبحان الله عمّا يشـركون، اشهد اَنّ لاإله الاالله وحده لا شريك له واشهد انَّ محمّدا عبده ورســوله لا نبي بعده، اللهمّ صلّى وسلّم وبارك على هذا النّبى الكرِيم سيدنا محمد الذى أظهر الله به الإيمان والإسلام وعلى أله وأصحابه الكرام، أما بعد، فيا عبـادالله اتقوا الله حق تقاته ولاتموتن إلا وأنتم مسلمون . فقـال الله تعال فى القـران الكـريم اعـوذ باالله من الشيطـان الرّجـيم بسـم الله الر من الر حيم " المال والبانون زيـنة الحياة الدنيا والباقياة الصالحات خيـرٌ عند ربـك ثوابـا وخيـر أمـلا".
Saudara-saudaraku kaum muslimin
Jamaah sholat jumat yang berbahagia
Pada kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah Swt, yang masih tetap memberikan nikmat Islam dan Iman kepada kita di beri kesempatan hadir dan melaksanakan ibadah sholat jumat pada siang hari ini. Ketahuilah betapa nikmat Islam dan Iman itu amat berharga dan mahal harganya. Alhamdulillah dengan rahmat-Nya Allah menanamkan nikmat yang agung itu ke dalam hati sanubari kita, subhanallah. Maka, alangkah baiknya kita gunakan nikmat yang mahal tersebut dan sisa umur untuk taat beribadah dan mengabdi kepada-Nya, Allah aza wajalla.
Shalawat beriring salam marilah senantiasa kita tujukan kepada habiballah Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya sekalian. Tanpa perjuangan dan usaha keras beliau dalam memperjuangkan Islam mustahil rasanya kita akan merasakan keagungan dan kebesaran agama Allah ini. Mudah-mudahan sholawat yang kita hadiahkan menjadi media dalam memperoleh syafaatnya kelak diakhirat. Amin ya rabbal alamin.

Hadirin jamaah jumat yang diridha Allah
Sebelumya saya selaku khotib ingin berwasiat kepada bapak-bapak hadirin jamaah jumat sekalian dan khususnya untuk khotib sendiri, marilah kita bertaqwa dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah denga cara menjalankan semua perintah-perintah-nya yang wajib maupun yang sunnah dan meninggalkan segala larangan-larangannya, baik kecil maupun besar. dan janganlah kita meninggalkan dunia ini kecuali benar-benar dalam keimanan kepada Allah. SWT.

Hadirin jamaah jumat yang diridhai Allah
Melalui mimbar mulia ini, izinkan saya selaku khotib pada kesempatan kali untuk menyampaikan khutbah singkat yang saya beri judul "Mempersiapkan GENERASI islami" sebagai upaya sederhana dalam meberikan kontribusi dalam membangun masyarakat islami.
         
Fenomena yang sangat memprihatinkan yang melanda generasi muda adalah banyaknya diantara mereka yang terlibat dalam berbagai tindak kriminal, minum minuman keras, serta penyalahgunaan obat-obatan terlarang, selain itu diantara mereka ada juga yang menganggur, tidak punya semangat bekerja, atau hanya jadi sebagai peminta-minta.

Remaja dan para pemuda adalah generasi kita, mereka harus kita didik dan siapkan menjadi penerus perjuangan, dari perjuangan yang kita rintis dan kita jalani sekarang.
Anak-anak yang kini tumbuh dengan berbagai bakat dan kecenderungan masing-masing adalah anugerah yang sangat berharga dari Allah. itulah perhiasan dunia.
Firman Allah :
المـال والبنون زينة الحياة الدّنيا والباقيات الصـالحـات خيـر عنـد ربّـك ثـوابا وخيـر أملا.
Artinya :
"Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan" (QS. Al-Kahfi [18] : 46).

Kaum muslimin yang berbahagia
Ayat tersebut mengandung dua isyarat: Pertama, mencintai harta dan anak merupakan fitrah manusia, karena keduanya adalah perhiasan dunia yang dianugrahkan sang pencipta kepada manusia. Kedua, hanya harta dan anak yang shaleh yang dapat kita harapkan manfaatnya, itu merupakan tabungan kita yang akan kita dapatkan kelak diakhirat.
Harta yang disedekahkan dan anak yang dididik menjadi shaleh akan menjadi kebajikan yang sangat istimewa.

Oleh karena itu dalam mencintai anak, orang tua jangan hanya terfokus pada masalah jasmanianya saja, sedangkan masalah ruhaniahnya terabaikan. Diantara kita mungkin ada yang merasa senang jika anak cukup makan, berpakaian dengan layak, sehat jasmani, cerdas otaknya bisa bergaul dengan yang lainnya dengan wajar. Sementara itu iman dan takwanya kurang diperhatikan, mereka hampa dari nilai-nilai agama. Hidupnya cenderng hedonis ritual-ritual agama banyak diabaikan hendaknya kita khwatir dan waspada terhadap mereka. al Qur'an mengisyaratkan :
فخلف من بعـدهم خلف اضاعوا الصّــلاة واتبعوا الشـهوات فسوف يلقـفون غيّـا
Artinya:
"Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan mempertaruhkan hawa nafsu, maka mereka kelak akan menemui kesesatan". (QS Maryam [9]: 59)

Hadirin rohimakumullah
Memang tidak banyak orang yang mampu menyiapkan generasi berilmu dan bertaqwa bahkan banyak yang mengabaikan, banyak orang yang bercita-cita memiliki generasi yang baik yang bisa melanajutkan perjuangan membangun banangsa dan negara, namun sedikit sekali yang sukses. Kenapa demikian? Tentu saja tidak lepas dari beberapa faktor.

Pertama, kurangnya pendidikan agama atau asing terhadapnya. Kita yakin bahwa agama menjadi dasar dari segala tingkah laku pergaulan sehari-hari. Segala aktivitas harus diukur menurut norma-norma agama, kalau anak kita tidak memiliki ilmu pengetahuan Agama yang cukup, tentu saja pola hidup mereka akan jauh dari etika dan moral agama. Salah satu kesalahannya adalah kelalaian orang tua dalam mengarahkan pendidikan anak. Bahkan saat ini tidak sedikit para remaja bahkan para orang tua merasa gengsi dan minder apabila anak-anak mereka belajar agama di pondok-pondok pesantren karena dipandang tidak memiliki prospek kerja yang jelas, Padahal tidak sedikit orang yang berpendidikan umum yang menjadi pengangguran.

Kedua, kurangnya teladan baik dari orang tua maupun dari lingkungan sekitar. Para orang tua, tokoh, atau para pemimpin-pemimpin institusi sosial politik, seharusnya mereka menjadi teladan bagi generasi muda. Di lingkungan keluarga, orang tua  harus menjadi teladan pertama bagi anak-anaknya. Di lingkungan masyarakat, para tokoh pemimpin institusi-institusi sosial politik harus menjadi suri tauladan yang baik, bertanggung jawab dalam mengemban tugas dan berdisiplin dalam waktu serta bebas dari penyelewengan-penyelewengan. Mereka jangan hanya memberikan intruksi. Sesuatu yang lebih penting dari perintah adalah contoh yang baik.

Ketiga, kesalahan dalam bergaul, hendaknya semua orang bahu-membahu saling mengingatkan dan menjaga pergaulan generasi muda kita jangan sampai salah dalam pergaulan. Bagaimanapun alim, pintar dan soleh-nya seseorang kalau lingkungan pergaulan-nya buruk, bukannya akan membawa orang menjadi baik, malah ia sendiri akan terjerumus dalam kenistaan. Seorang anak yang mulai tumbuh dewasa bergaul dengan teman-temannya yang terlibat dengan minuman-minuman keras, penyalahgunaan narkoba, tauran, lama-lama iakan mencicipi lalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pergaulan buruk tersebut.

Tiga hal tersebut menjadi faktor dominan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan generasi muda kita. Langkah-langkah mendidik generasi muda yang sehat jasmani dan sehat rohaninya paling tidak kita bisa mengikuti pola pendidikan yang diajarkan oleh Lukman al-hakim. Ia adalah seorang yang bijak yang namanya diabadikan dalam al-Qur'an berkat nasihat-nasihatnya terhadap anaknya

Kaum muslimin sidang jumat rohimakumullah
Kita manusia selalu dituntut agar senantiasa meningkatkan kwalitas diri dan kwalitas hidup, dalam upaya mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan dudnia akhirat
فى الدّنيا حسنه وفى الأخـرة حسنة

Allah swt juga menuntut agar manusia mempersiapkan generasi penerus yang tangguh, jangan sampai generasi sesudah kita memiliki kualitas rendah. Sebagai mana firman Allah yang artinya :
Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak mereka yang lemah, yang mereka khawatir terhadap ( kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar. (QS. Annisa : 9)

Kualitas diri manusia meliputi kualitas jasmaniah dan ruhaniah, kualitas jasmaniah banyak ditentukan oleh mutunya kebutuhan jasmani yang ia manfaatkan. Baik makan, papan maupun sarana yang lainnya. Sedangkan kualitas ruhaniah ditentukan: kecerdasan berfikir, kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan dan kesadaran sebagai hamba Allah yang siap mengabdi dalam setiap saat.

Sepantasnyalah bila Rosulullah saw,. Menggariskan bahwa kewajiban orang tua terhadap anaknya adalah mengajarkan ilmu dan keterampilan. Sebaga mana yang diriwayatkan dalam hadirt al-Baihaqi, Rosulullah saw bersabda:

حَقُّ الوَلَدِ عَلَى الوَالِدَيْنِ يُعَلِّمُهُ الكِتَـابَةَ وَالسّـِبَحَةَ وَالرِّمَـايَةَ وَانْ لاَيَرْزُقُـهُ اِلا طَيِّـبـاً .
Artinya :
Hak anak yang harus dipenuhi oleh kedua orang tuanya adalah mengajarkan menulis, melempar, memanah, dan membereri rizqi yang baik.

Anak kita harus kita arahkan menjadi orang yang pandai, orang yang memiliki keberanian dan menjadi anak yang saleh.

Kalau kita belajar bagai mana luqman menididk anaknya seperti digambarkan dalam al-Quran sebagia berikut :

Pertama, Lukman al hakim menanamkan dan memantapkan nilai-nilai akidah pada anak-anaknya akidah yang terbebas dari kemusyrikan, karena ini adalah landasan utama beragama dalam Islam.
وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَابُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ(13)
Artinya :
Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: "Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar". (QS. Al luqman [31] : 13)

Kedua, meyuruh berbuat baik kepada kedua orang tua (ibu bapaknya)
وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ(14)
Artinya :
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu. (QS. Al luqman [31] : 14)

Ketiga, menyuruh shalat dan menganjurkan bersabar dalam beramar ma'ruf nahi mungkar.
يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلَاةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الْأُمُورِ(17)
Arinya :
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (QS. Al luqman [31] : 17)

Kempat,
Menanamkan sikap-sikap dan perangai yang terpuji :
وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ(18)وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ(19)
Artinaya :
Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.- Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.(QS. Al luqman [31] : 18-19)


Hadirin rohimakumullah
Itulah dasar dan tahapan dan pendidikan yang diajarkan Luqman kepada anaknya. Semuanya itu memang sangat sistematis. mulai dari yang utama mengenai dasar-dasar keimanan, sehingga akhlak sehari-hari, cara berjalan dan bertutur kata. Jika seorang anak telah memiliki dasar iman yang kuat dan sifat-sifat pribadi yang terpuji, maka generasi rabbani yang kita idamkan akan terwujud.
Marilah kita berbuat sebaik-baiknya untuk kita, keluarga kita, negara dan untuk agama kita Islam tercinta.

باركالله لي ولكم في القرأن الكريم ونَفعني وإياكم بِما فيهِ مِنَ الآياتِ وَالذِّكْرِ اْلحَكيم. وتَقَبَّلَّ مِنِّـي وَمِنكم تِلاوَتهُ إِنّه هوالسَّمِيعُ اْلعليم. أَقول قَولِي هذا وَاسْتَغفرالله لي وَلَكم وَلِسائِرِ الْمُسلمِين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات فَاسْتغفِرُوهُ إِنَّهُ هُوَ اْلغَفُورُ الرَّحِـيم.

Silahkan download disini

lks-sahabatmadani
Cambai Kota Prabumulih

Related Posts

Post a Comment