IKLAN PEKAN INI

kumpulan media pembelajaran bahasa arab kunjungi https://www.abdulyassa.my.id/
X

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Pergerakan Al Irsyad Al Islamiyah

Al-Irsyad Al Islamiyah

Organisasi Jami’at al-Islam wa-al Irsyad al-Arobiyah lebih dikenal dengan al-Irsyad, merupakan sebuah gerakan pembaruan Islam dibidang pendidikan dan sosial keagamaan, al-Irsyad didirikan (1914) oleh para pedagang dan ulama arab. Pada tahun 1915 pemerintah hindia belanda mengakui organisasi al-Irsyad al-Islamiyah, orgaisasi ini mendirikan sarana pendidikan yang pada mulanya pendidikannya untuk anak-anak arab, dan sedikit sekali dari anak-anak pribumi.

  • Pusat organisasial-Irsyad al-Islamiyah di Jakarta dan mempunyai beberapa cabang di beberapa kota  besar. Dan keanggotaanya  tidak terbatas pada orang keturuan arab saja.

Seperti halnya oraganisasi Islam lainnya al-Irsyad mengadakan kerjasama-kerja sama dengan organisasi keislaman lainnya dalam kaitannya memperluas dalam bidang pendidikan dan persoalan-persoalan yang dihadapi umat Islam. Dalam perkembangan selanjutnya  al-Irsyad al Islamiyah telah mendirikan banyak sekolah bukan hanya sekolah agama bahkan sekolah umum yang terseber dibeberapa propinsi di Indonesia.

Di bidang pendiidkan al-Irsyad merumuskan gagasan pembaruannya sejak tahun 1938 pembaruanya banyak terdapat dalam  sistem pendidikan yang dibawa oleh Muhammad Abduh dan Muhammad Rasyid Ridha yaitu dalam memasukkan pelajaran-pelajarn disekolahnya ilmu tauhid dan ilmu fiqh. Sejarah Islam dan bahasa arab.


Dalam bidang kemasyarakatan al-Irsyad dikenal sebagai organisasi yang memperhatikan kemasyarakatan dalam bidang sosial dengan memperlakukan kesamaan dalam masyarakat organisasi ini mengenal hanya yang paling bertaqwa yang paling besar kedudukannya kepada Allah SWT.
lks-sahabatmadani
Cambai Kota Prabumulih

Related Posts

Post a Comment